Home » Blog » Asal-usul Jamur Tiram
Jual Jamur Tiram, Kuping, Lingzhi, Dewa, Agaric
Thursday, February 21st 2013. Posted in Blog

Jamur hiratake atau jamur tiram putih merupakan jamur pangan dengan tudung berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung dan berwarna putih hingga krem. Tubuh buah memiliki batang yang berada di pinggir (bahasa latin: pleurotus) dan bentuknya seperti tiram (ostreatus), sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleurotus ostreatus. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii atau king oyster mushroom.

Di alam bebas, jamur tiram bisa dijumpai hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan daerah yang sejuk. Tubuh buah terlihat saling bertumpuk di permukaan batang pohon yang sudah melapukatau pokok batang pohon yang sudah ditebang. Jamur tiram putih juga bisa tumbuh pada medium serbuk gergaji, limbah jerami, atau limbah kapas. Dinamakan jamur tiram karena mempunyai rasa dan tekstur yang mirip tiram yang berwarna putih.

Jamur tiram yang dalam bahasa latin disebut Pleurotus sp ini memiliki sebutan yang berbeda di tiap daerah, di antaranya shimeji (Jepang), abalon mushroom atau oyster mushroom (Eropa atau Amerika), dan supa liat (Jawa Barat). Jamur tiram, Pleurotus ostreatus, pertama kali di budidayakan di Jerman sebagai makanan alternatif selama Perang Dunia I dan sekarang sengaja dibudidayakan secara komersial di seluruh dunia untuk makanan. Budidaya pertama ini didokumentasikan oleh Kaufert.

Jamur tiram putih merupakan salah satu jamur kayu yang sekarang telah banyak dibudidayakan orang. Media tanam atau substraknya yang sudah umum digunakan adalah gergajian kayu alba (sengon), tetapi sembarang gergajian kayu sebetulnya dapat digunakan, tentunya kayu yang tidak beracun, kemudian dicampur dengan bahan-bahan yang lain dengan pertimbangan tertentu.

Ciri fisik Jamur Tiram

jamur tiram

Tubuh buah mempunyai tudung yang berubah dari hitam, abu-abu, cokelat, hingga putih dengan permukaan yang hampir licin dengan diameter 5-20 cm. Tepi tudung mulus sedikit berlekuk. Spora berbentuk batang berukuran 8-11 x 3-4 um. Miselium berwarna putih dan bisa tumbuh dengan cepat.

Saat masih muda, jamur tiram berbentuk seperti kancing yang kemudian berkembang menjadi pipih. Warna tudungnya cokelat gelap kebiru-biruan lalu segera menjadi cokelat pucat dan berubah menjadi putih bila telah dewasa. Tangkai sangat pendek dan berwarna putih.

sumber: 70 kreasi masakan jamur pilihan oleh Ara Rossi

Incoming search terms:

  • asal usul jamur
  • asal usul jamur tiram
  • asal usul bibit jamur tiram
  • daerah asal jamur
  • asal usul benih jamur tiram
  • darimana awal jamur dibuat
  • asal usul jamur putih
  • asal usul jamur batang pohon
  • asal daerah jamur
  • asal usul budidaya jamur
Asal-usul Jamur Tiram
Written by: Ahmad Syaifudin
Rating: 4.8

Produk Unggulan

Bibit Jamur F1
Rp 110.000
Jamur Lingzhi
Rp 500.000
Jamur Kuping
Rp 15.000
Jamur Tiram
Rp 15.000
Bibit Jamur F0
Rp 300.000
Jaminan Kualitas
Jamur-Berkualitas
Berlangganan Artikel

Masukan Email Anda

  • Budidaya Jamur
  • Perawatan
  • Pemasaran Jamur
Produk Terbaru
Baglog Jamur
Bibit Jamur F2
Bibit Jamur F1
Bibit Jamur F0
Jamur Dewa
Jamur Kuping
Jamur Lingzhi
Jamur Tiram
Testimoni