Home » Blog » Cara Membuat Kumbung Jamur
Jual Jamur Tiram, Kuping, Lingzhi, Dewa, Agaric
Wednesday, August 8th 2012. Posted in Blog
Kumbung Jamur dan Rak Jamur

Kumbung Jamur dan Rak Jamur

Nah, untuk membantu para pemula yang tertarik menekuni bisnis jamur. Pada kesempatan kali ini sengaja kami informasikan kepada para pembaca, tentang beberapa cara membuat kumbung jamur dengan baik.

Memulai usaha budidaya jamur pasti membutuhkan sarana dan prasarana penunjang yang harus kita miliki. Membangun rumah produksi yang biasa disebut dengan kumbung jamur merupakan hal yang primer walaupun tetap kita bisa memanfaatkan ruang atau halaman rumah kita yang kosong.

Bagi para pengusaha atau petani jamur, kumbung jamur menjadi bagian penting yang harus diperhatikan sebelum usaha budidaya jamur dimulai. Mengapa? karena kumbung jamur akan menjadi ruangan utama dimana bibit jamur yang telah siap dibudidayakan mendapatkan perawatan intensif hingga pada akhirnya berkembang dan menghasilkan panen jamur yang berkualitas. Karena itulah, kondisi lingkungan kumbung jamur harus disesuaikan dengan habitat asli jamur yang dibudidayakan.

Selama satu periode penanaman jamur kurang lebih 5-6 bulan media jamur berada dipelihara di dalam kumbung ini, untuk kemudian dibuang dan dibersihkan. Dan untuk periode pemeliharaan berikutnya diganti dengan log baru yang selanjutnya juga dipelihara.

Umumnya kumbung sederhana seperti inilah yang dibuat petani jamur dibuat dari bahan bambu. Memang hampir semua bahannya dari bambu, tiang, bilik, usuk, reng, apalagi rak di bagian dalam, hanya atapnya dari genting tanah yang harganya relatif murah yang disebut genting palentong, genting yang sama dengan genting untuk atap kandang sapi.Saat ini biaya pembuatan kumbung seperti yang diceritakan di atas sekitar Rp 15 juta, kalau 8 tahun yang lalu ukuran 70 m2 masih bisa sekitar Rp 7 juta. Kumbung jamur model begini tahan sekitar 8 – 10 tahun. Setelah itu harus diperbaiki, terutama rak bagian dalam yang sering kena air sewaktu menyiram log media jamur.

Perhatikan dalam Memilih Lokasi Kumbung Jamur

Sangat disarankan untuk memilih lokasi yang memiliki keadaan hampir sama dengan habitat jamur itu sendiri. Berdasarkan golongan jamur secara garis besar kondisi lingkungannya dibagi menjadi 3, yaitu

  1. Jamur psikofilik habitat hidupnya dengan suhu sekitar 0º-30ºC , suhu optimum 15ºC
  2. Jamur mesofilik yang tumbuh dengan kisaran suhu 25º-37ºC, suhu optimumnya sekitar 30ºC
  3. Jamur termofilik yang biasa tumbuh pada kisaran suhu 40º-75ºC, suhu optimum 55ºC

Jamur menyukai tempat yang lembab, bahkan dengan tingkat kelembapan bisa mencapai 80-90%. Selanjutnya pilih lokasi kumbung yang bebas dari pencemaran udara, radiasi, maupun senyawa beracun yang dimungkinkan bisa mengganggu pertumbuhan jamur.

Berapa Ukuran Rumah Kumbung yang Baik ?

Sebenarnya tidak ada ukuran pasti, semuanya bergantung kepada budget atau modal anda dalam memulai usaha ini. Bagi anda yang memiliki modal besar dan ingin membuka bisnis budidaya jamur dengan skala industri, tentu membangun sebuah  kumbung jamur yang bertipe permanen seperti membuat bangunan menggunakan tembok dari batu bata atau batako. Sedangkan bagi Anda yang ingin menjalankan budidaya jamur skala home industry, bisa membangun kumbung dengan bahan yang sederhana seperti bambu, anyaman bambu yang biasa disebut dengan gedeg.

 Membangun Kumbung Skala Home Industry (Rumahan)

Menurut beberapa petani Jamur di daerah Pakuhaji,  mereka membulai budidaya jamur dengan membeli sepetak tanah seluas 25 tumbak (1 tumbak = 14 meter persegi) atau seluas 350 meter persegi. Kenapa tidak menyewa tempat saja?, mereka berkata sebaiknya untuk tahap awal mereka harus memiliki lahan, tahap berikutnya baru menyewa. Kumbung yang mereka beli digunakan sebagai home base dan dengan memiliki, mereka bisa lebih fokus dengan budi daya jamur tiram ini.

Namun bagi yang ingin mencoba kumbung dengan sistem sewa. Saat ini sewa kumbung di daerah Pakuhaji berkisar Rp. 3.000.000,- hingga Rp. 5.000.000,- , tergantung lokasi serta usia kumbung dan fasilitas yang ada. Fasilitas umumnya berupa listrik dan air, budi daya jamur membutuhkan sarana ini, listrik untuk penerangan dan penyemprotan dengan mesin air, air untuk menyembrot baglog agar kondisinya sesuai dengan suhu yang dibutuhkan dalam budi daya jamur.

Peralatan dan Perlengkapan

sebagai pemula, biasanya harus melengkapi fasilitas kumbung seperti tong plastik, mesin pompa air, selang, sprayer untuk semprot baglog, timbangan, dan lainnya butuh dana kurang lebih Rp. 1.000.000,-

Contoh Gambar Kumbung Jamur

kumbung jamur

Pada bagian dalam dinding kumbung diberi lapisan plastik mulsa untuk mencegah udara lembab keluar dan udara panas masuk. Lantainya cukup lantai tanah, agar tidak terlalu becek bisa diberi sekam atau pasir.
Dengan kumbung dibuat seperti ini walaupun suhu diluar kumbung 35°c tapi didalam kumbung suhunya bisa 28°c dan udaranya juga bisa dijaga tetap lembab.

kumbung rumbia 2

Di dalam kumbung terdapat rak-rak jamur

kumbung rumbia

Tipe Kumbung Jamur Rumbia

kumbung-jamur-2

Kumbung Anyaman Bambu

 

Refrensi Artikel dan gambar

  • bisnisukm.com
  • kebunjamur.wordpress.com
  • http://kebunjamur.wordpress.com

Incoming search terms:

  • kumbung jamur tiram
  • kumbung jamur
  • cara membuat kumbung jamur
  • cara pembuatan kumbung jamur tiram
  • pembuatan kumbung jamur tiram
  • yhs-004
  • kandang jamur
  • biaya pembuatan kumbung jamur tiram
  • contoh kumbung jamur tiram
  • kandang jamur tiram
Cara Membuat Kumbung Jamur
Written by: Willy
Rating: 4.8

Produk Unggulan

Jamur Lingzhi
Rp 500.000
Bibit Jamur F1
Rp 110.000
Jamur Tiram
Rp 15.000
Jamur Kuping
Rp 15.000
Bibit Jamur F0
Rp 300.000
Jaminan Kualitas
Jamur-Berkualitas
Berlangganan Artikel

Masukan Email Anda

  • Budidaya Jamur
  • Perawatan
  • Pemasaran Jamur
Produk Terbaru
Baglog Jamur
Bibit Jamur F2
Bibit Jamur F1
Bibit Jamur F0
Jamur Dewa
Jamur Kuping
Jamur Lingzhi
Jamur Tiram
Testimoni