Home » Blog » Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan
Jual Jamur Tiram, Kuping, Lingzhi, Dewa, Agaric
Tuesday, February 19th 2013. Posted in Blog

Jamur tiram Putih

Jamur tiram tidak kalah populer dengan jamur kancing. Malahan, jamur tiram memiliki penggemar sendiri karena rasanya yang membuat ketagihan dan sifatnya yang sangat fleksibel untuk diolah dalam berbagai jenis masakan. Sudah banyak sekali masakan yang dikreasikan melalui bahan jamur tiram, tidak terkecuali kudapan seperti jamur tiram crispy. Selain rasanya yang mantap, gizi jamur tiram juga tak kalah dengan jamur lainnya.

Kandungan protein jamur tiram rata-rata 3,5-4 % dari berat basah. Berarti proteinnya dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Di dalammnya terkandung sembilan asam amino esensial yang tidak bisa disintesis tubuh, yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin dengan kadar protein 19-35% (lebih rendah dari kedelai dan susu). Jadi jamur tiram dapat dijadikan sumber protein nabati di samping kacang-kacangan. Bila dihitung dari berat kering jamur tiram, kandungan proteinnya adalah 19-35%, sementara beras 7,3%, gandum 13,2%, kedelai 39,1% dan susu sapi 25,2%.

Tidak perlu takut dengan kandungan kolesterol jamur tiram, karena setidaknya 72% dari total asam lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh. Jamur tiram juga mengandung sejumlah vitamin penting, terutama kelompok vitamin B, vitamin C, dan provitamin D yang akan diubah menjadi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Kandungan vitamin B1 (thiamin), B2  (riboflavin), niasin, dan provitamin D2 (ergosterol)-nya tergolong cukup tinggi.

Jamur tiram merupakan sumber mineral yang baik. Kandungan mineral utama yang tertinggi adalah kalium (K), kemudian fosfor (P), natrium (Na), kalsium (Ca), dan magnesium (Mg). Jamur tiram juga merupakan sumber mineral minor yang baik karena mengandung seng, besi, mangan, molibdenum, kadmium, dan tembaga. Konsentrasi K, P, Na, Ca, dan Mg mencapai 56-70% dari total abu, dengan kandungan kalium sangat tinggi atau mencapai 45 persen.

Menurut Chang dan Miles, kandungan logam berat itu masih jauh di bawah batas yang ditetapkan dalam undang-undang Fruit Product Order and Prevention of Food Adelteration Act tahun 1954. Oleh karena itu, sebagai sayuran, jamur tiram aman dikonsumsi setiap hari. Hasil studi di Massachusett University menyimpulkan bahwa riboflavin, asam nikotinat, asam pantothenat, dan biotin (Vitamin B) masih terpelihara dengan baik meskipun jamur telah dimasak.

sumber: 70 kreasi masakan jamur pilihan oleh Ara Rossi

Incoming search terms:

  • manfaat jamur tiram bagi kesehatan
  • download khasiat jamur tiram
  • download manfaat jamur tiram
  • manfaat jamur tiram download
Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan
Written by: Ahmad Syaifudin
Rating: 4.8

Produk Unggulan

Jamur Tiram
Rp 15.000
Bibit Jamur F0
Rp 300.000
Bibit Jamur F1
Rp 110.000
Jamur Kuping
Rp 15.000
Jamur Lingzhi
Rp 500.000
Jaminan Kualitas
Jamur-Berkualitas
Berlangganan Artikel

Masukan Email Anda

  • Budidaya Jamur
  • Perawatan
  • Pemasaran Jamur
Produk Terbaru
Baglog Jamur
Bibit Jamur F2
Bibit Jamur F1
Bibit Jamur F0
Jamur Dewa
Jamur Kuping
Jamur Lingzhi
Jamur Tiram
Testimoni