Home » Blog » Peluang Bisnis Jamur Di Indonesia
Jual Jamur Tiram, Kuping, Lingzhi, Dewa, Agaric
Monday, July 30th 2012. Posted in Blog

peluang bisnis jamur

Jumlah penduduk Indonesia yang masuk 5 besar sebagai negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia  dengan jumlah lebih dari 200 juta tentu merupakan pasar yang sangat besar untuk pemasaran jamur konsumsi. Terlebih lagi, jika budaya mengonsumsi jamur bisa dikembangkan seperti di negara-negara maju yang masyarakatnya sudah sangat menggemari masakan dari jamur.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi sayur masyarakat Indonesia pada tahun 2002 tercatat sebesar 30,8 kg/kapita/tahun. Badan kesehatan dunia Food and Agriculture Organization (FAO) menyatakan bahwa jumlah konsumsi sayuran untuk memenuhi standar kesehatan adalah sebesar 65 kg/kapita/tahun. Dari perbandingan kedua data di atas terlihat bahwa konsumsi sayur masyarakat Indonesia bahkan belum mencapai separuh dari rekomendasi FAO. Kondisi inilah yang menjadikan peluang bisnis jamur di Indonesia sangat terbuka lebar.

Namun, mengingat jika harga jamur konsumsi yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan sayuran lain, target market konsumsi di Indonesia masih terfokus di kota-kota besar. Permintaaan jamur konsumsi biasanya datang dari hotel-hotel berbintang, rumah makan,  rumah makan vegetarian, dan restoran kelas atas yang menyediakan menu olahan jamur.

Di Bandung, seorang pengusaha katering skala menengah membutuhkan sedikitnya 200 kg jamur per minggu. Jika di sana terdapat minimum 10 katering skala menengah seperti ini, kebutuhan jamur mencapai 2.000 kg per Minggu.

Fakta yang perlu diketahui bahwa kebutuhan tersebut hanya untuk memenuhi permintaan jamur segar. Padahal jamur konsumsi tidak hanya dipasarkan dalam keadaan segar, tetapi juga dapat menjadi produk olahan siap saji seperti keripik abon, bakso, nugget, sosis jamur dan lain sebagainya.

Namun syukurnya akhir-akhir ini cukup banyak franchise yang menjadikan jamur sebagai bahan pokok. Produk-produk tersebut selain meningkatkan nilai tambah juga merupakan perluasan pemasaran untuk menjaring lebih banyak konsumen dan petani jamur baru.

Incoming search terms:

  • jamur kuping
Peluang Bisnis Jamur Di Indonesia
Written by: Willy
Rating: 4.8

Produk Unggulan

Bibit Jamur F1
Rp 110.000
Bibit Jamur F0
Rp 300.000
Jamur Tiram
Rp 15.000
Jamur Lingzhi
Rp 500.000
Jamur Kuping
Rp 15.000
Jaminan Kualitas
Jamur-Berkualitas
Berlangganan Artikel

Masukan Email Anda

  • Budidaya Jamur
  • Perawatan
  • Pemasaran Jamur
Produk Terbaru
Baglog Jamur
Bibit Jamur F2
Bibit Jamur F1
Bibit Jamur F0
Jamur Dewa
Jamur Kuping
Jamur Lingzhi
Jamur Tiram
Testimoni