Home » Blog » Peluang Bisnis Jamur Internasional
Jual Jamur Tiram, Kuping, Lingzhi, Dewa, Agaric
Sunday, July 29th 2012. Posted in Blog

peluang bisnis jamur internasionalPeluang bisnis jamur Internasional – Tradisi mengonsumsi jamur telah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu. Hampir semua penduduk di berbagai belahan bumi di dunia ini pernah merasakan nikmatnya masakan yang berbahan dasar jamur. Bahkan, masyarakat di negara maju sudah mewajibkan untuk mencantumkan jamur di dalam daftar belanja bulanan. Dengan kondisi seperti ini jelas menciptakan pasar internasional yang cukup besar.

Indonesia sendiri cukup terlambat ikut bermain di pasar jamur internasional karena negara kita baru mulai melakukan ekspor jamur pada dekade 1970-an. Walau begitu peranannya sebagai pemasok jamur sudah mendapat pengakuan dari sesama negara produsen jamur konsumsi. Pada masa kejayaannya, sebuah perusahaan jamur di Wonosobo – Jawa Tengah, pernah tercatat sebagai produsen jamur terbesar di Asia Tenggara. Hampir sebagian besar produksi mereka diekspor ke Amerika Serikat, Kanada,TimurTengah, dan Jepang.

Ironisnya Indonesia sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati sangat tinggi hanya mampu memasok 0,9% saja dari pasar dunia, angka tersebut sangat kecil jika dibanding dengan China yang memasok 33,2% pasar jamur dunia.

“Produksi jamur Indonesia sudah rendah, volumenya juga terus menurun, padahal kalau dikembangkan jamur ini sangat potensial bagi perekonomian Indonesia,” kata Dirjen Hortikultura Deptan, Dr Ahmad Dimyati MS.

Beliau melanjutkan, jika pada 2000 volume ekspor jamur Indonesia mencapai 29,33 juta ton pada 2003 justru menurun menjadi 16,1 juta ton, demikian pula nilai ekspornya pada 2000 mencapai US$3,66 juta, namun 2003 hanya US$1,72 juta.

Sebaliknya volume impor yang pada 2000 hanya 1,47 juta ton dengan nilai US$0,39 juta, pada 2003 volume impornya naik menjadi 1,54 juta ton dengan nilai US$0,68 juta.

Ahmad mengatakan, budidaya jamur sebenarnya relatif mudah, waktu panennya cepat, apalagi lahan di Indonesia juga sangat tersedia, karena itu memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan perlu dikembangkan.

Dikatakan, ketidakberdayaan Indonesia dalam industri jamur nasional disebabkan oleh berbagai hal. Contohnya seperti produsen benih terbatas, tidak adanya standarisasi & jaminan kualitas bibit, teknologi produksi yang belum dibakukan, tempat pembiakan jamur yang kurang higienis serta penanganan pasca panen yang sederhana.

Dari 15 jenis jamur yang telah dibudayakan dunia, jamur pangan yang cocok dibudidayakan di Indonesia antara lain jamur tiram, jamur merang, jamur kayu, sedangkan jamur untuk farmasi adalah dari spesies schyzophilosis, spesies lentinus dan Agaricus blazei Murril (ABM – jamur Dewa).

“Manfaat dari jamur-jamuran rata-rata sebagai ‘imunomodulatorillah’ atau perangsang meningkatnya daya tahan tubuh, karena itu selain sebagai pangan juga diharapkan sebagai obat-obatan atau suplemen,” kata Wahono.

Incoming search terms:

  • pasar jamur
  • pasar ekspor jamur tiram
  • export jamur tiram
  • ekspor jamur
  • negara penginport jamur merang
  • jamur merang wonosobo
  • Kejayaan usaha jamur tiram
  • cara export jamur merang
  • pasar export jamur tiram
  • pasar jamur merang wonosobo
Peluang Bisnis Jamur Internasional
Written by: Willy
Rating: 4.8

Produk Unggulan

Jamur Kuping
Rp 15.000
Bibit Jamur F0
Rp 300.000
Jamur Lingzhi
Rp 500.000
Jamur Tiram
Rp 15.000
Bibit Jamur F1
Rp 110.000
Jaminan Kualitas
Jamur-Berkualitas
Berlangganan Artikel

Masukan Email Anda

  • Budidaya Jamur
  • Perawatan
  • Pemasaran Jamur
Produk Terbaru
Baglog Jamur
Bibit Jamur F2
Bibit Jamur F1
Bibit Jamur F0
Jamur Dewa
Jamur Kuping
Jamur Lingzhi
Jamur Tiram
Testimoni