Home » Blog » Teknik Sederhana Budidaya Jamur Tiram
Jual Jamur Tiram, Kuping, Lingzhi, Dewa, Agaric
Friday, March 8th 2013. Posted in Blog

Dengan berbekal sebuah Pelatihan Budidaya jamur, siapapun akan bisa melakukan budidaya. Hal ini karena, budidaya jamur tiram terbilang sederhana tetapi perlu bekal pengetahuan dan bimbingan dari mentor. Budidaya jamur tiram juga memiliki beberapa keunggulan lain yaitu masa panen sepanjang tahun. Penjadwalan panen bisa dilakukan setiap hari, meskipun demikian harga jamur tiram juga terbilang stabil. Bahkan sudah banyak makanan olahan yang berbahan dasar jamur tiram.

Budidaya jamur tiram dengan memanfaatkan limbah gergajian kayu, bisa dijadikan alternatif usaha yang mempunyai prospek sangat baik. Selain memakai bahan yang mudah dan murah, kita juga bisa membuat sendiri bibit induk dan bibit sebar jamur tiram ini, sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli bibit.

Proses perawatan hingga panen dalam budidaya jamur tiram ini juga cenderung gampang. Setelah polybag-polybag dingin, bibit jamur tiram dimasukkan satu sendok di bagian atasnya dan disimpan dalam ruang inkubasi. Jumlah bibit yang dimasukkan tidak akan berpengaruh pada berat jamur yang dihasilkan melainkan proses keluarnya jamur bisa lebih cepat. Kemudian, polybag-polybag tersebut akan kelihatan memutih di seluruh permukaannya. Jika sudah putih semua, polybag tersebut dapat dipindahkan ke ruang produksi.Dalam waktu dua setengah bulan bibit tersebut sudah dapat dipakai, lebih cepat ketimbang proses yang selama ini dikenal yang memakan waktu sekitar empat bulan. Membuat bibit induk dan bibit sebar jamur tiram dilakukan dengan menyediakan media antara lain dedak halus dan tepung jagung yang dicampur serta ditambahkan air lalu dibuat adonan atau pasta (perbandingan 2:1). Media tanam dipres dengan alat pres yang direkayasa sendiri.

Tutorial Budidaya Jamur

Dalam ruang produksi, perawatan sederhana dimulai dengan membersihkan ruangan tiap pagi serta menyemprot polybag dengan air untuk tetap menjaga kelembaban ruangan serta merangsang tumbuhnya jamur tiram. Agar proses tumbuhnya jamur cepat, maka kapas penutup mulut polybag dibuka beberapa sebelum jamur keluar. Dalam waktu 15 hari dalam ruang produksi, jamur akan terlihat bermunculan, keluar dari mulut-mulut polybag. Tidak lama setelah itu, selang tiga hari kemudian jamur tiram pun mekar dan panen pertama pun bisa dimulai.

Incoming search terms:

  • cara membuat bibit jamur tiram sendiri
  • cara membuat bibit jamur tiram yang baik
  • Cara membuat bibit jamur sederhana
  • cara sederhana membuat bibit jamur tiram
  • cara membuat bibit jamur sendiri
  • cara menanam jamur tiram sendiri
  • membuat bibit jamur sendiri
  • membuat bibit jamur tiram sederhana
  • cara membuat bibit jamur tiram sederhana
  • membuat bibit jamur tiram sendiri
Teknik Sederhana Budidaya Jamur Tiram
Written by: Ahmad Syaifudin
Rating: 4.8

Produk Unggulan

Bibit Jamur F1
Rp 110.000
Jamur Tiram
Rp 15.000
Jamur Kuping
Rp 15.000
Bibit Jamur F0
Rp 300.000
Jamur Lingzhi
Rp 500.000
Jaminan Kualitas
Jamur-Berkualitas
Berlangganan Artikel

Masukan Email Anda

  • Budidaya Jamur
  • Perawatan
  • Pemasaran Jamur
Produk Terbaru
Baglog Jamur
Bibit Jamur F2
Bibit Jamur F1
Bibit Jamur F0
Jamur Dewa
Jamur Kuping
Jamur Lingzhi
Jamur Tiram
Testimoni