Home » Jamur » Jamur Tiram

Jamur Tiram

Jamur Tiram
Tanggal : 21 July 2012
Kategori : Jamur
Dilihat : 8786
Kode Produk : TRM
Stok : Ready
Harga Jamur Tiram
Rp 15.000


Order Sekarang Juga !!!
Contact Person : Syaifudin
PIN BB : 3289A47F
Call / SMS : 0888.0491.0368
Email : jamurpedia@gmail.com

Jamur Tiram

Jamur Tiram Segar –  merupakan salah satu jenis jamur yang populer di Indonesia selain jenis jamur konsumsi lainnya seperti jamur merang, jamur kuping, jamur shitake dan jamur dewa . Pada umumnya jamur ini dikonsumsi oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan vitamin sayuran sehari-hari.

Jamur dengan nama latin Pleurotus ostreatus adalah jamur konsumsi dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

Kandungan Gizi pada Jamur Tiram

Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, Jamur tiram adalah jenis jamur kayu mengandung karbohidrat, protein, fospor, besi, air, kalori dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1 (Tiamin), vitamin B2 (Riboflavin), dan vitamin C. Juga mengandung 9 macam asam amino seperti lisin, metionin, threonin, triptofan, valin, leusin, histidin, isoleusin,  dan fenilalanin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dan tidak mengandung kolesterol. Perlu diketahui bahwa kandungan proteinnya cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4% dari berat basah.

Manfaat Jamur Tiram

  1. sebagai bahan makanan
  2. menurunkan kolesterol dan jantung lemah
  3. menurunkan kemungkinan diabetes, lever dan anemia
  4. sebagai antibakterial dan antitumor
  5. berguna dalam membunuh nematoda
  6. meningkatkan sistem imun
  7. membantu penurunan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan

Percobaan penelitian yang dilakukan oleh USDA (United States Drugs and Administration) pada tikus menunjukkan bahwa dengan pemberian menu Jamur Tiram selama 3 minggu akan menurunkan kadar kolesterol dalam serum hingga 40 % dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi pakan yang mengandung Jamur Tiram . Sehingga mereka berpendapat bahwa Jamur ini dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol. Di Jepang saat ini sedang diteliti potensi jamur sebagai bahan makanan yang dapat mencegah timbulnya tumor.

Budidaya Jamur Tiram

Budidaya jamur tiram memiliki beberapa keunggulan dan kemudahan dalam proses budidayanya. Sifat toleran terhadap lingkungan membuat jamur dapat dikelola sebagai usaha sampingan ataupun usaha ekonomis skala kecil, menengah dan besar (Industri). Bahkan budidaya jamur yang seharusnya dilakukan di tempat dingin, kini telah dikembangkan pula budidaya jamur di daerah panas.

Tujuan Sterilisasi adalah untuk menekan pertumbuhan mikrobia lain yang bersifat antagonis dan menjadi penghambat pertumbuhan bagi tanaman induk dalam hal ini jamur tiram.

Tahapan selanjutnya adalah proses inokulasi. Inokulasi adalah proses penularan miselium dari bibit (F3) ke media tanam. Proses ini dilakukan dengan steril dan dalam ruang inokulasi. Bibitnya dapat anda beli dari kami (baca: bibit jamur tiram)

Proses lanjutan yakni masa inkubasi yaitu tahap penumbuhan miselia jamur. Proses ini memerlukan waktu kurang lebih 40 – 60 hari sampai baglog berwarna putih.

Panen pertama 30 hari sejak penyobekan baglog, sedangkan pemanenan berikutnya setiap 10-14 hari. Tubuh buah yang sudah siap panen harus segara panen agar kualitas jamur baik.

Setelah panen segera bersihkan jamur dari kotoran yang menempel pada tubuh buah jamur. Hal itu bertujuan untuk menjaga daya tahan produk.  Kemudian segera disimpan dalam freezer agar tahan hingga satu sampai dua Minggu. Sementara untuk produk jamur kering, dilakukan penjemuran di bawah sinar matahari selama kurang lebih 5 hari.

Bagaimana apa anda masih bungung tentang cara memulai budidaya jamur tiram? Kami telah menulis artikel yang lebih lengkap sehingga anda bisa benar-benar jelas dan paham (baca: Budidaya Jamur Tiram). Silahkan gunakan jasa konsultasi kami jika ingin lebih detail lagi.

 Refrensi

Incoming search terms:

  • harga jamur tiram di jakarta
  • penjual bibit jamur tiram di jakarta
  • beli baglog jamur tiram jakaarta
  • macam macam gambar jamur kuping
  • jual jamur tiram putih di jakarta
  • jual jamur shitake di jakarta
  • jual jamur segar
  • jual jamur jakarta
  • jual bibit jamur tiram jakarta
  • jual bibit jamur tiram dijakarta
untuk pemesanan lebih cepat silahkan hubungi
Hp : 0888.0491.0368
Email : jamurpedia@gmail.com
Jamur Tiram

Detail Produk

  • Pilih jumlah barang
  • Alamat Pengiriman

  • Produk Lainnya

    Jamur Kuping
    Rp 15.000
    Jamur Lingzhi
    Rp 500.000
    Jaminan Kualitas
    Jamur-Berkualitas
    Berlangganan Artikel

    Masukan Email Anda

    • Budidaya Jamur
    • Perawatan
    • Pemasaran Jamur
    Produk Terbaru
    Baglog Jamur
    Bibit Jamur F2
    Bibit Jamur F1
    Bibit Jamur F0
    Jamur Dewa
    Jamur Kuping
    Jamur Lingzhi
    Jamur Tiram
    Testimoni